Kamis, 09 Juni 2011

MEMBUAT TULISAN DENGAN STYROFOAM

Styrofoam  yang saya maksud disini adalah Lempengan busa  berbentuk persegi panjang berukuran 50 X 80 cm dengan tebal beraneka ragam dari 1 cm - 4 cm.    Aku lebih suka menyebutnya busa daripada  Styrofoam. kita bisa membelinya di toko toko alat tulis.untuk jenis jenis styrofoan yang lain  anda dapat lihat disini  Busa ini banyak di pergunakan untuk aneka macam jenis dekorasi.  karena mudah di bentuk dan ringan.  Kita bisa melihat tayangan tayangan di televisi misalnya pada acara Opera van Java, dekorasinya banyak menggunakan styrofoam.  Pada rangkaian bunga untuk ucapan selamat ataupun bela sungkawa juga menggunakan styrofoam.  Kelihatan indah dan menarik.  Aku  sering mendapat pesanan  membuat tulisan dengan styrofoam untuk dekorasi tulisan pada acara acara rapat , ataupun pada pesta pesta khajatan. Berikut saya uraikan cara membuat tulisan dengan styrofoam.  

  1. Siapkan Busa styrofoam sebanyak 6 lembar berikut dengan lem styrofoam dan cat styrofoam 3 warna.  
  2. Siapkan alat pemotong , yaitu berupa Trafo di beri dioda untuk  memanaskan kawat pemotongnya, kita bisa modifikasi sendiri alat tersebut. kapan kapan saya jelaskan cara bikinnya, sederhana banget kok
  3. Siapkan Kerttas HVS Bekas yang sebelah sisinya masih kosong kurang lebih 50 lembar, tergantung panjang pendeknya tulisan. 
Caranya  :

  1. Buat tulisan dengan computer menggunakan word art di Microsoft exel , sesuai dengan panjang dan lebar tulisan yang nanti akan kita tempel ke kain geber.  Dengan cara ini kita tidak perlu mengukur huruf demi huruf,  kita cukup mengukur panjang tulisan tiap tiap baris sesuai dengan yang kita kehendaki kemudian cetak dengan kertas HVS bekas yang sudah kita siapkan.
  2. Iris bentuk hurufnya dengan gunting, sampai selesai
  3. Potong potong  Styrofoam. dengan alat pemotong sesuai dengan panjang dan lebar huruf.
  4. Tempelkan setiap huruf pada potongan Styrofoam. dengan menggunakan Straples sampai selesai.
  5. Potong Styrofoam. mengikuti bentuk huruf yang ada pada kertas sampai selesai.
Mudah kan ? , untuk menempelkan tulisan pada kain geber, gunakan lem khusus untuk busa.
Selamat berkarya


2 komentar:

  1. itu alat pemotongnya pke apa ya ?? yg lbh simpel

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara membuat alat pemotongnya?

    BalasHapus