Rabu, 15 Juni 2011

LUKISAN CAT AIR

Melukis dengan cat air, harus hati hati, karena agar terbentuk menjadi sebuah lukisan terlihat membentuk tiga dimensi, kita harus pandai mengatur tebal tipis warna.  Berbeda dengan cat minyak, kalau cat minyak, kita menggambar  diatas kanvas, mudah cara menghapusnya yaitu dengan menumpukan warna diatasnya.  tidak khawatir media menjadi sobek.  Berikut beberapa tips melukis menggunakan cat air.  
1.  Peralatan yang di butuhkan untuk melukis menggunakan cat air antara lain   :

a.  Cat air / Water colour 
b.  Kertas Gambar 
c. Kuas Cat air, yaitu kuas dengan rambut lembut dan ujung lancip,  dengan beberapa ukuran
d.   Kain lap dan Kapas
e.   Air bening  sebagai pencuci kuas atau melarutkan cat.
f.    Palet tempat cat .

2.  Melukis menggunakan cat air sebaiknya kita bikin dulu sketsa lukisan agar kita dapat dengan mudah memberikan warna untuk masing masing obyek pada lukisan.

3.  Lihat contoh lukisan diatas,  untuk warna coklat di wajah, adalah berasal dari warna coklat saja, warna terang dan gelap tergantung kita memoleskan kuas kuas, atur tebal tipisnya.  Untuk memberikan efek tipis, biasanya kita cukup menambahkan air pada cat hingga menjadi semakin encer.

4.  Jangan menggunakan terlalu banyak warna hitam.  Untuk memberikan warna pada obyek yang hitam,   cukup beri warna tua dengan warna hitam sedikit saja. sehingga kesan tiga dimensinya lebih kentara.

itu antara lain cara menggambar dengan menggunakan cat air, kalau kita telaten, Lukisan dengan cat air mempunyai keistimewaan khusus dibanding dengan lukisan dari cat lainnya.

selamat berkarya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar