Sabtu, 23 Juli 2011

tentang Seni Fotografi


Foto adalah benda yang sangat menarik untuk di lihat, diamati dan lebih mudah untuk di ingat.  Foto merupakan benda sejarah yang mempunyai nilai dokumetasi yang tinggi sebagai bukti suatu keadaan atau peristiwa dimasa lampau yang tak akan mungkin terulang lagi. Sehebat apapun sebuah peristiwa, sepertinya tidak akan memberikan kepuasan bagi yang mendengarnya. Sebuah Resepsi Pernikahan misalnya, dengan diabadikan lewat foto akan menjadi kenangan yang indah sepanjang masa. 
Seni Fotografi adalah suatu seni yang menggeluti dunia Foto.  Sama seperti halnya seni yang lain, seni fotografi tidak ada ikatan apa saja, bebas berekspresi sebagai lambang identitas diri.  Seni fotografi sering disebut sebut sebagai "fine art " karya seni yang berkualitas , mampu membawa perasaan dan fikiran kita ke alam fisual yang tak pernah akan dapat dilihat.
Perkembangan seni fotografi dari waktu ke waktu mengalami banyak perkembangan dan perubahan. Peralatan semakin bertambah canggih dan kreatifitas semakin beragam. Seni fotografi memunculkan istilah foto seni rupa di kalangan fotografer.  Foto foto yang kontemporer, exstrim, menyimpang dari kebiasaan foto di studio semakin banyak di minati konsumen, dan sering di konteskan.  Seperti di awal saya katakan bahwa seni fotografi mempunyai kebebasan berkarya megekspresikan diri lewat bidikan kamera dan cara berkarya  melalui metode digital yang semakin canggih.  Tekhnik Fotografi lama mulai tersingkir oleh metode digital, tak urung fotografer harus ikut mengambil peran dalam kancah digital.  Paradigma tekhnik lama para fotografer semakin tergusur dan berantakan.
Para fotografer yang profesional tak akan ciut nyali nya, dan berkecil hati dengan peralatannya sederhana.  Bukan berarti dengan peralatan serba mahal dan canggih dapat begitu saja menciptakan karya fotografi yang tak tersaingi.  Dengan peralatan yang sederhana namun penuh dengan kreasi dan inovasi, pasti mampu menelorkan karya fotografi yang menakjubkan.Kepada fotografer Indonesia teruslah berkarya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar